Pengembangan Sistem Layanan Akademik & Administrasi STIH Adhyaksa.

Pengembangan Sistem Jadi Langkah Strategis Demi Layanan Akademik dan Administrasi Lebih Optimal

Jakarta, 14 Agustus 2025 — Dalam rangka meningkatkan efisiensi dan kualitas layanan akademik serta administrasi, STIH Adhyaksa melaksanakan Rapat Pengembangan Sistem dalam Mendukung Layanan Akademik dan Administrasi. 

Rapat ini dihadiri oleh pimpinan dan perwakilan dari seluruh unit kerja, dengan tujuan merumuskan solusi teknologi yang adaptif dan terintegrasi untuk mendukung seluruh proses akademik dan administrasi.

Dalam rapat tersebut, disoroti sejumlah tantangan yang dihadapi oleh institusi, terutama terkait dinamika sistem NeoFeeder yang dikelola oleh Kemendikbudristek. 

Sebagai responnya, STIH Adhyaksa merancang kerangka sistem informasi untuk saling terintegrasi dan menjawab kebutuhan institusi secara menyeluruh. Sistem-sistem yang diusulkan, yaitu:

  • SATU (Sistem Informasi Terpadu)
    Sistem inti yang mencakup pengelolaan kegiatan akademik dan administratif, serta memungkinkan integrasi dengan Learning Management System (LMS).
  • SIMANTU
     Sistem pengelolaan mutu yang terintegrasi dengan Standar SPMI (Sistem Penjaminan Mutu Internal), termasuk
  • fitur Audit Mutu Internal (AMI)
  • PANDITA
     Sistem pusat data institusi (data warehouse) yang menampung informasi penting seperti data mahasiswa, penelitian, pengabdian kepada masyarakat, dan lainnya.
  • AKAREKA
     Sistem khusus untuk mendukung proses akreditasi, mulai dari pengumpulan data hingga manajemen dokumen akreditasi institusi dan program studi.
  • PRIMA
     Sistem early warning yang memberikan notifikasi dini terhadap indikator akademik yang perlu perhatian atau tindak lanjut oleh bagian terkait.

Komitmen Penguatan Sistem Digital

Melalui rapat ini, STIH Adhyaksa menegaskan komitmennya dalam melakukan digitalisasi layanan pendidikan tinggi secara menyeluruh. Transformasi ini tidak hanya ditujukan untuk kepatuhan terhadap regulasi, tetapi juga demi peningkatan pengalaman pengguna (user experience) baik untuk mahasiswa, dosen, tenaga kependidikan, maupun masyarakat luas.

Langkah strategis ini diharapkan menjadikan STIH Adhyaksa sebagai institusi yang adaptif, modern, dan unggul dalam tata kelola berbasis teknologi.

Avatar photo
Admin STIH Adhyaksa
Articles: 94

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *