Alamat
Jl. Raya Mabes Hankam No.60, Cipayung, Jakarta Timur

Email
Info@stih-adhyaksa.ac.id

dok akreditasi (3)

STIH Adhyaksa Jalani Asesmen Lapangan oleh Tim Asesor BAN-PT

Dalam rangka akreditasi, Sekolah Tinggi Ilmu Hukum (STIH) Adhyaksa disambangi Tim Asesmen lapangan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT). Asesmen dilakukan pada Jum’at (14/6/2024) sebagai bagian dari proses akreditasi perguruan tinggi guna menilai kualitas pendidikan yang diselenggarakan.

“STIH Adhyaksa pertama kali menjalankan operasional pembelajaran pada Oktober 2022. Jadi tahun ini kami memasuki tahun kedua sejak melaksanakan pendidikan. Tentu tantangan yang dihadapi selama itu tidaklah mudah,” ujar Ketua STIH Adhyaksa Hasbullah dalam sambutannya.

Tantangan yang dimaksud khususnya berkaitan dengan sustainability atau keberlanjutan di tengah ketatnya daya saing perguruan tinggi hukum di Jakarta termasuk soal tata kelola internal STIH Adhyaksa.

Namun, semua tantangan tersebut dapat dilalui dengan baik atas dukungan luar biasa secara materil dan immaterial yang diberikan oleh Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa. Berkat dukungan itu, pihak STIH Adhyaksa berupaya semaksimal mungkin dalam pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi.

“Hasilnya, kami sudah menjalankan program kegiatan belajar-mengajar dengan baik dengan dosen-dosen yang berkualitas. Kerja sama yang terjalin dengan mitra kami baik skala nasional maupun internasional. Dalam catatan kami sampai saat ini kami telah menandatangani dan menjalankan 18 perjanjian kerja sama baik dalam dunia pendidikan maupun dalam dunia usaha,” terangnya.

Antara lain kerja sama dengan sejumlah SMA, universitas dalam dan luar negeri, BUMN (Badan Usaha Milik Negara), hingga BUMD (Badan Usaha Milik Daerah). “Tentu kerja sama tersebut membantu kami mengembangkan STIH Adhyaksa dan membuka akses terhadap mahasiswa untuk melaksanakan program kampus merdeka belajar dalam bidang pengembangan SDM,” kata dia.

Asesmen dilakukan pada Jum’at (14/6/2024) sebagai bagian dari proses akreditasi perguruan tinggi guna menilai kualitas pendidikan yang diselenggarakan. Sejak berdiri di tahun 2022, STIH Adhyaksa telah menjalankan 18 perjanjian kerja sama dan mengantongi ISO.

Deretan dosen yang mengajar di kampus tersebut juga tidak sembarangan, salah satunya Jaksa Agung Muda Intelijen (Jamintel) Prof. Dr. Reda Manthovani yang merupakan dosen kehormatan di STIH Adhyaksa. Secara tata kelola internal, STIH Adhyaksa telah menerima sertifikasi ISO 9001:2015. Untuk itu, Hasbullah menjamin akuntabilitas dan transparansi yang dilakukan pihak kampus.

“Maka dari itu, ini hari yang kami nantikan. Akreditasi oleh BAN-PT. Tentu seluruh pengelolaan yang kami lakukan akan kami serahkan untuk dinilai. Harapannya bisa mendapat hasil yang terbaik. Tentu hasilnya nanti akan berdampak pada stakeholder kami, khususnya mahasiswa,” tutur Hasbullah.

Dalam kesempatan yang sama, Anggota Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa, Maya Miranda Ambarsari mengatakan pendirian STIH Adhyaksa bermula dari cita bersama menciptakan generasi praktisi di bidang hukum yang andal, berwawasan internasional, dan berjiwa entrepreneurship.

“Kini, STIH Adhyaksa sudah berpindah ke lokasi sekarang ini di Jagakarsa dan insya Allah juga akan dikembangkan lebih luas lagi, lebih hebat lagi. Kemudian terkait dengan kepemilikan tanah, saya atas nama pemilik gedung ini, menghibahkan. Menjadi pencatatan hibah bagi tanah kepemilikan saya pribadi menjadi atas nama Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa. Hal ini merupakan bentuk komitmen serta support dari Yayasan, dan akan terus memberikan dukungan untuk perkembangan STIH,” ucap Maya.

Mewakili Jaksa Agung RI Prof. ST Burhanuddhin yang juga merupakan Dewan Pembina Yayasan Karya Bhakti Adhyaksa, ia menuturkan pembahasan akreditasi tentunya tidak terlepas dari kualitas atau mutu yang diberikan perguruan tinggi. Untuk itu, akreditasi menjadi sangat penting bagi lembaga menjalankan visi dan misi yang dimiliki. Ke depan, STIH Adhyaksa diharapkan terus berupaya mendapat nilai tinggi dan terbaik dalam rangka menjadi perguruan tinggi swasta unggulan di Indonesia.

“Saya mempunyai kesan pertama ketika masuk ke sini, ruangannya sangat bersih dan penerima tamunya amat ramah. Ini tentu jadi penilaian tersendiri bagi kami (betapa pihak kampus), menunjukkan semangat untuk mendapat nilai optimal. Kehadiran kami berdua (tim asesor BAN-PT) bertugas melakukan asesmen lapangan untuk memvalidasi data yang sudah disampaikan. Kami akan menilai secara mandiri,” tegas Perwakilan Tim Asesor BAN-PT Prof. Angkasa.

Dirinya menyampaikan dengan data yang sudah diterima BAN-PT, maksud dari kedatangannya bersama tim asesor adalah untuk “memotret” dengan baik kondisi lapangan dari kampus.

Avatar photo
Admin STIH Adhyaksa
Articles: 61

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *